info@fpsi.co.id 0274 513611

Petunjuk Umum Pengajuan Gelar

A.FPSI (Artist of FPSI)

Berdasarkan Perolehan Point

Diberikan kepada individu perkumpulan foto anggota FPSI yang telah mengumpulkan paling sedikit :


30 (tigapuluh) point untuk gelar A.FPSI*

60 (enampuluh) point untuk gelar A.FPSI**

90 (sembilanpuluh) point untuk gelar A.FPSI***

120 (seratusduapuluh) point untuk gelar A.FPSI****

150 (seratuslimapuluh point untuk gelar A.FPSI***** 


200 (dua ratus) point untuk gelar A.FPSI Galaxy 1

250 (dua ratus limapuluh) point untuk gelar A.FPSI Galaxy 2

300 (tiga ratus) point untuk gelar A.FPSI Galaxy 3

350 (tiga ratus limapuluh) point untuk gelar A.FPSI Galaxy 4

400 (empat ratus) point untuk gelar A.FPSI Galaxy 5

dalam Salonfoto Indonesia sejak tahun 1973 dan dari salon foto lainnya yang mendapat rekomendasi FPSI untuk semua kategori.

Perolehan angka dihitung dengan cara sebagai berikut:

Dari Salonfoto Indonesia :

  1. Terpilih (accepted) memperoleh                =
  2. Penghargaan memperoleh          + point  =
  3. Medali Perunggu memperoleh  + 2 point  =
  4. Medali Perak memperoleh         + point  =
  5. Medali Emas memperoleh          + 4 point  =
  6. Special Award memperoleh       +
  7. Pasangan Terbaik memperoleh + 2 point (untuk ke-4 fotonya).

Dari Inter Salonfoto yang memperoleh Patronasi dari FPSI:

  1. Terpilih (accepted)  memperoleh 1 poin.
  2. Medali Emas, Medali Perak, Medali Perunggu dan Penghargaan    memperoleh 2 poin.

Dari Salonfoto Internasional yang memperoleh Patronasi FPSI:

  1. Terpilih (accepted) memperoleh 1 poin.
  2. Medali Emas, Medali Perak, Medali Perunggu dan Penghargaan memperoleh 2

Duplikasi foto foto yang pernah terpilih (accepted) pada semua salon yang berpatronasi FPSI, tidak memperoleh poin.

(Ditetapkan pada Rapat Pleno Pengurus FPSI, Raker FPSI Solo 7 Oktober 2017 dan direvisi dalam Rapat Pleno FPSI 20 November 2018 di Yogyakarta)

Tata cara dan syarat pengajuan/penambahan Gelar A.FPSI:

  1. Surat (asli) pengajuan gelar diajukan secara resmi oleh perkumpulan fotonya dan harus dilengkapi dengan :
    1. Nomor dan tanggal surat.
    2. Ditandatangani oleh pengurus perkumpulan fotonya, berikut
    3. Stempel Klub Foto.
  2. Data-data perolehan poin-point mulai sejak awal hingga tahun terakhir point yang diperolehnya dan dijumlahkan (total) keseluruhannya;
  3. Scan halaman katalog yang memuat karya-karya foto ybs.
  4. Foto diri beserta data alamat rumah, email, dan telepon
  5. Biaya pengurusan Rp. 1.100.000,- (satu juta seratus ribu rupiah) ditransfer via bank dikirimkan ke rekening FPSI melalui : BCA Cab. wisma GKBI Jakarta, Acc. 534-5305758  a/n Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia.  Berita : Biaya A.FPSI ….nama….
  6. Semua dokumentasi tersebut dikirimkan dalam bentuk pdf file ke Email Sekretariat Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia; secgen@fpsi.or.id
  7. Pengajuan/penambahan Gelar A.FPSI dilaksanakan 1 (satu) kali setahun.
  8. Penerimaan berkas pengajuan atau penambahan Gelar A.FPSI dilaksananakan setahun sekali dengan tenggat waktu yang ditentukan FPSI.
  9. Perkumpulan foto yang memberikan rekomendasi harus sudah melunasi seluruh uang iuran (hingga tahun berjalan).
  10. Jika setelah diteliti ternyata ada yang kurang/tidak memenuhi persyaratan, maka berkas tersebut akan dikembalikan kepada perkumpulan foto yang bersangkutan. Pengajuan gelar tersebut dibatalkan dan dapat diajukan lagi pada tahun berikutnya.

E.FPSI (Examine of FPSI)

Gelar Fotografi Sistem Ujian FPSI

  1. Gelar Examine of FPSI disingkat FPSI dapat diperoleh seorang anggota perkumpulan senifoto anggota FPSI dengan mengirimkan sejumlah karya foto untuk diuji oleh sebuah tim penguji Dewan Penguji Ujian Gelar (DPUG) yang dibentuk oleh Pengurus FPSI.
  2. Pemohon adalah anggota perkumpulan senifoto anggota FPSI dengan bukti surat rekomendasi dari perkumpulan senifoto yang bersangkutan (surat resmi, lengkap dengan nomor dan tanggal surat, tanda tangan Ketua dan stempel perkumpulan foto ybs.)
  3. Materi yang diuji BEBAS, diolah secara fotografis dan dicetak di atas kertas foto
  4. Kategori yang diuji (boleh pilih) : Foto Cetak Warna/Monokrom atau gabungan dengan perbandingan setara (50:50 atau maksimum 60:40).
  5. Jumlah dan ukuran :
    1. Jumlah foto 12 (dua belas) lembar.
    2. Ukuran foto sisi terpanjang minimum 40 cm dan maksimum 50 cm termasuk border dan list.
    3. Foto harus diberi alas karton tebal dengan ukuran yang sama dengan ukuran foto, agar permukaan foto datar.
  6. Karya foto yang diuji tidak boleh diberi tanda-tanda yang menunjukkan identitas seseorang pada permukaan foto.
  7. Karya foto yang pernah terpilih dan atau mendapat penghargaan dalam Salonfoto Indonesia sebelumnya, tidak dapat dimasukkan dalam ujian E.FPSI.
  8. Pemohon harus mengisi Formulir Pendaftaran (Formulir A) yang disediakan FPSI serta telah mendapat rekomendasi dari perkumpulan senifoto anggota FPSI dimana pemohon bergabung.
  9. Biaya ujian gelar E.FPSI ialah Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah). Pemohon dikenakan biaya sebesar Rp.500.000,- (lima ratus ribu rupiah) untuk 1 (satu) kali ujian. Jika pemohon dinyatakan lulus mengikuti ujian, peserta diwajibkan melunasi sisa biaya ujian gelar sebesar Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah). Transfer melalui bank ke rekening FPSI; BCA Cab. wisma GKBI Jakarta, Acc. 534-5305758  a/n Federasi Perkumpulan Senifoto Indonesia.  Berita : Biaya E.FPSI.
    (Revisi Pleno FPSI 2018 – Yogyakarta).
  10. Kemasan karya foto harus menggunakan medium yang baik (tahan air dan tidak mudah terlipat), serta mencantumkan nama dan alamat pemohon.
  11. Foto yang diajukan harus hasil karya pemohon sendiri (dinyatakan dengan referensi dari perkumpulan senifoto anggota FPSI dimana pemohon bergabung dalam perkumpulan foto tersebut), dan mengisi lampiran Formulir B serta diketahui oleh perkumpulan senifoto ybs.
  12. Ujian gelar E.FPSI diselenggarakan 1 (satu) kali dalam satu tahun dan waktu akan diumumkan oleh Sekretariat FPSI.
  13. Penilaian karya foto mengacu pada variasi teknis, komposisi, dan estetika baik masing-masing foto maupun dalam satu rangkaian susunan yang diajukan oleh peserta
  14. Karya foto yang mencerminkan identitas/ciri khas/karakter pribadi fotografer dapat diajukan maksimal 30% dari jumlah uji karya.
  15. Pemohon uji karya diwajibkan membuat tulisan singkat ±150 kata (Statement of Intent) tentang apa yang ingin disampaikan melalui rangkaian karyanya, baik secara umum maupun teknis
  16. Pemohon diijinkan mengajukan pendamping / pembimbing jika diperlukan, baik dari klub maupun dari FPSI.
  17. Pemohon melampirkan bagan/denah dengan nomor urut foto (Formulir C).
  18. Keputusan Dewan Penguji adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  19. Apabila di kemudian hari diketahui adanya pelanggaran peraturan dan atau kecurangan yang dilakukan pemohon, maka Pengurus FPSI akan membatalkan gelar yang diberikan dan akan diberi sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  20. Pengurus FPSI akan melakukan segala tindakan untuk melindungi karya-karya pemohon, tetapi tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan yang mungkin terjadi dalam pengiriman atau pengembalian.
  21. Dengan mengirimkan karyanya, pemohon dianggap telah memahami dan menyetujui semua persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan oleh FPSI.
  22. Pengumuman hasil ujian akan disampaikan kepada pemohon melalui perkumpulan senifoto yang bersangkutan pada 30 September setiap tahunnya.
  23. Setelah berhasil lulus ujian, pemohon berhak memakai gelar FPSI di belakang namanya selama pemegang gelar tersebut menjadi anggota perkumpulan senifoto anggota FPSI.
  24. Bagi peserta yang tidak lulus dapat melakukan ujian ulang dengan membayar biaya ujian sebesar Rp.500.000,- lagi.

DEWAN PENGUJI UJIAN GELAR (DPUG)

Akan dibentuk dan diumumkan pada tanggal 30 Juni setiap tahunnya/pada saat pengumuman ujian akan dilaksanakan.   

G